“SISTEM INFORMASI MANAJEMEN” TELEKOMUNIKASI, INTERNET DAN TEKNOLOGI NIRKABEL



NAMA : HARNADI    (10800112073)                             JURUSAN AKUNTANSI 3, 4
RESUME
“SISTEM INFORMASI MANAJEMEN”
TELEKOMUNIKASI, INTERNET DAN TEKNOLOGI NIRKABEL
A.   TELEKOMUNIKASI DAN  JARINGAN DALAM DUNIA BISNIS SAAT INI
Komputer digunakan bersamaan dengan penggunaan internet, email, telepon seluler, dan komputer mobile yang terhubung ke jaringan nikabel untuk tujuan bisnis,hingga sekitar tahun 1990,  bisnis menggunakan sistem pos atau sistem telpon dengan suara atau facsimile untuk berkomunikasi.
a.    Tren Dalam Dunia Jaringan Dan komunikasi
Perusahaan pada masa lalu menggunakan dua jenis jaringan denga dasar yang berbeda yaitu jaringan telpon dan jaringan computer, jaringan telpon secara historis menangani komunikasi suara, dan jaringan komputer menangani lalu lintas data yang akan di kirim antara computer dengan computer lainnya. Jaringan computer awalnaya dibangun oleh perusahaan-perusahaan komputer yang berusaha untuk mengirim data lewat computer dilokasi yang berbeda.
Telpon dan jaringan komputer berkumpul menjadi sebuah jaringan digital tunggal dengan menggunkan standar dengan berbasis digital dan perlengkapan secra bersamaan. Dan jaringan komputer telah diperluas untuk mencakup layanan telpon internet seluler, program televisi dan video yang berbasis pada teknologi internet.
b.      Apakah Jaringan Komputer itu.?
1. Sistem operasi jaringan (network oprating system-NOS) mengarahkan dan mengelola komunikasi pada jaringan dan mengkoordinasi sumber daya jaringan.
2.  Komputer server terdedikasi (dedicated server computer) merupan tempat NOS untuk semua aplikasi dan jaringan
3.  Komputer server jaringan adalah sebuah komputer dalam jaringan yang melakukan fungsi-fungsi jaringan yang penting untuk komputer klien, seperti melayani permintaan halaman Web, menyimpan data, dan menyimpan NOS.
4.  Hub adalah pernagkat sederhana yang menghubungkan komponen jaringan, mengirimkan paket data pada semua perangkat yang terhubung lainnya.
5. Switch adalah memiliki kemampuan lebih dari hub dan dapat menyaring serta meneruskan data ke tujuan tertentu LAN. Jadi hub dan switch menghubungkan perangkat pada suatu LAN.
6.  Router adalah perangkat jaringan yang menghubungkan dua jaringa     atau lebih
c. Teknologi Utama Dalam Karingan Digital
Jaringan digital dan internet didasarkan pada tiga teknologi utama:
1.   Komputasi Klien/Server
Komputasi Klien/server adalah sebuah model komputasi terdistribusi di mana beberapa tenaga pemrosesan yang ditempatkan dalam komputer klien yang kecil dan tidak mahal di bawah kendali pengguna dan tersimpan pada PC, laptop, atau perangkat genggam.
2.   Packet Switcing
Packet switcing adalah metode membagi pesan digital menjadi paket-paket, mengirimkan kembali paket tersebut segera setelah sampai ke tempat tujuan.
3.   TCP/IP dan Konektivitas
Dalam  jaringan telekomunikasi pada umumnya, komponen perangkat keras dan perangkat lunak yang beragam bekerja sama untuk mengirimkan informasi.
4.   Protokol (protocol)
Protokol adalah sekumpulan aturan dan prosedur yang mengatur transmisi informasi di antara dua titik di dalam jaringan.
B.    JARINGAN KOMUNIKASI
a.    Sinyal: Digital Versus Analog
Sebuah sinyal digital merupakan gelombang diskrit ketimbang gelombang kontinu dan berbentuk biner. Sinyal biner mengomunikasikan informasi sebagai untaian dari dua berbagai bentuk: bit satu dan bit nol, yang dipresentasekan sebagai denyuk elektronik on-off. Perbedaan paling mendasar dalam jaringan komunikasi adalah antara sinyal analog dan digital. Terdapat dua cara untuk menyampaikan sebuah pesan, yaitu: dengan sinyal analog dan digital.
1. Sinyal analog diwakili oleh bentuk gelombang kontinu melalui suatu medium komunikasi dan telah digunakan untuk komunikasi suara.
2. Sinyal digital bentuk gelombang biner yang berbeda dari gelombang    kontinu.
b.    Jenis-jenis jaringan
Terdapat banyak jenis jaringan yang berbeda dan berbagai cara mengelompokannya. Salah satu caranya adalah membaginya berdasarkan jangkauan geografisnya.
1.    Lokal Area Network (LAN)
Lokal arena network (LAN) dibentuk untuk menghubungkan PC dan perangkat digital lainnya dalam radius setengah mil atau 500 meter.
2.    Metropolitan dan Wide Area Network
Wide area network (WAN) menjangkau daerah geografis yang besar senatero kawasan, negara, benua, atau seluruh dunia.
c.    Media transmisi musik
Jaringan menggunakan berbagai media transmisi fisik, termasuk kabel ulir, kabel koaksional, serat optik, gelombang mikro, dan frekwensi radio lain untuk transmisi nirkabel.
1.    Kabel Ulir
Kabel ulir (twisted wire) terdiri atas sepasang kabel tembaga yang dipilin dan merupakan jenis medium transmisi yang sudah agak usang.
2.    Kabel Koaksial
Kabel koasial (coaxial cable), serupa yang digunakan untuk tv kabel, berisi kabel tembaga tunggal, diisolasi secara rapat, dan dapat mentrasmisi volume data yang lebih besar dari kabel ulir.
3.    Serat Optik dan Jaringan Optik
1.    Serat Optik (fiber-optic cable)
Serat optik terdiri atas kabel kaca yang jernih, masing-masing setebal rambut manusia yang diikat dengan kabel.Data diubah menjadi pulsa cahaya yang dikirim melalui kabel serat optik oleh perangkat laser dengan kecepatan bervariasi.
2.    Jaringan Optik (optical network)
Jaringan ini dapat menstransmisi semua jenis data-suara, data, dan video- melalui serat optik dan menyediakan bandwidh yang besar untuk banyak jenis layanan dan peranti lunak yang baru.
4.    Media dan Perangkat Transmisi Nirkabel
1.    Gelombang Mikro
Gelombang mikro (microwave) menstransmisikan sinyal radio berfrekwensi tinggi melalui atmosfir dan digunakan secara luas untuk komunikasi bervolume tinggi, jarak jauh, dan titik ke titik.
2.    Satelit Komunikasi
Satelit komunikasi ; sinyal gelombang mikro yang ditransmisikan dari stasiun bumi.
3.    Kecepatan Transmisi
Bandwidth adalah perbedaan antara frekwensi tertinggi dan terendah yang terdapat dalam satu saluran tunggal.Jarak dari frekwensi yang dapat dilayani dalam saluran telekomunikasi tertentu.
d.     Layanan dan Teknologi Jaringan Broadband
1.  frame Relay
frame relay adalah layanan jaringan bersama yang lebih cepat dan lebih murah dari packet switching dan dapat mencapai kecepatan transmisi dari 56 Kbps hingga lebih dari 40 Mbps.
2.  Mode Transfer Asinkron
Mode tranfer asinkron sebuah teknologi yang dapat menangani banyak jenis lalu lintas jaringan dan memberikan kecepatan transmisi dari 1,5 Mbps hingga lebih dari 9 Gbps.
3.  Integrated Services Digital Network (ISDN)
Integrated services digital network adalah standar telepon internasional yang lebih kuno untuk diakses jaringan yang menggabungkan layanan suara, data, gambar, dan video.
4.   Koneksi Internet Kabel
Koneksi internet kabel dipergunakan untuk memberi akses internet kecepatan tinggi ke rumah atau perusahaan.Internet kabel menyediakan akses internet berkecepatan tinggi hingga 10 Mbps.
C.   INTERNET
Internet telah menjadi sistem komunikasi dunia yang paling luas dan umum yang sekarang menyaingi sistem telepon global dalam jangkauan dan jarak.
  1. Internet berasal dari kata internetworking atau terhubungnya jaringan-jaringan terpisah, yang masing-masing memiliki identitas sendiri, mejadi jaringan yang saling terhubung.
  2. Penyedia Layanan Internet
Penyedia layanan internet adalah organisasi komersial dengan koneksi tetap pada internet yang menjual koneksi tetap pada internet yang menjual koneksi sementara pada para pelanggan eceran.
a.   Alamat dan Arsitektur Internet
1.   Domain Name System (DNS)
a.    Nama Domain
Nama domain adalah seperti bahasa Inggris yang sesuai dengan nomor 32 bit alamat IP uang unik untuk setiap komputer yang terhubung pada internet.
b.    DNS memiliki struktur , bagian atas adalah domain akar (root).
Domain anak dari akar disebut domain tingkat dua (second   level). Domain tingkat atas adalah dua dan tiga nama karakter yang dikenal di web, seperti: .com, .edu, dll.
2. Arsitektur dan Tata kelola Internet: gambar sistem nama domain:
     Penjualan.
3.  Internet Masa Depan: Ipv6 dan Internet2
b.  Layanan dI Internet
Perangkat Informasi (information appliace) adalah suatu perangkat yang mendukung internet atau penerima internet tv untuk akses web dan e-mail yang dibuat untuk menjalankan sedikit tugas komputasi khusus dengan baik dengan upaya minimal penggunanya. WORD WIDE WEB, WWW (WORD WIDE WEB), merupakan kumpulan server web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. WWW adalah bagian yang paling menarik dari Internet.Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi.
Kegunaan ini tergolong masih baru dibandingkan surat elektronik, sebenarnya WWW merupakan kumpulan dokumen yang tersimpan di server web, dan yang server/peladennya tersebar di lima benua termasuk Indonesia yang terhubung menjadi satu melalui jaringan Internet. Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language).
Suatu halaman dokumen informasi dapat terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lain. Keterkaitan halaman lewat teks ini disebut pranala. Dokumen infomasi ini tidak hanya terdiri dari teks tetapi dapat juga berupa gambar, mengandung suara bahkan klip video.Kaitan antar-dokumen yang seperti itu biasa disebut hipermedia.
Jadi dapat disimpulkan bahwa WWW adalah sekelompok dokumen multimedia yang saling bertautan dengan menggunakan tautan hiperteks.Dengan mengeklik pranala (hipertaut), maka para pengguna bisa berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya.
1.      Hiperteks
Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah standar komunikasi yang digunakan untuk transfer halaman web.HTTP adalah rangkian huruf yang pertama yang terletak pada awal dari setiap alamat web, diikuti oleh domain, yang menentukan komputer server mana dalam perusahaan yang menyimpan dokumen tersebut.
2.    Server Web
Server web adalah pernati lunak untuk mencari dan mengelola halaman Web yang disimpan.
3.    Mencari Informasi di web
1.    Mesin Pencari
2.    Bot Belanja Cerdas
3.    Web 2.0: Web masa depan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

“SISTEM INFORMASI MANAJEMEN” MENGELOLA PENGETAHUAN

“SISTEM INFORMASI MANAJEMEN” MENCAPAI KEUNGGULAN OPERASIONAL DAN KEDEKATAN DENGAN PELANGGAN: APLIKASI PERUSAHAAN

RESUME SIM MENGELOLA SISTEM GLOBAL